ads 120 x 105

(promo murah) dapatkan iklan disini hanya 10.000 rupiah/bulan. untuk informasi pemesanan iklan hub email: deharyono974@gmail.com / phone: 083823591600

Senin, 02 September 2013

khasiat dari beberapa bagian pohon pepaya

Manfaat Pepaya
POHON PEPAYA



Pohon pepaya banyak ditanam dipekarangan atau dikebun warga? selain manis rasanya . . buah pepaya banyak mengandung khasiat atau keguna'an dalam tubuh kita.
Berikut adalah beberapa khasiat yang terkandung pada bagian pohon pepaya;



  •  Memperlancar Buang Air Besar (BAB) Buah pepaya matang diketahui mengandung enzim, mineral, betakaroten di samping kandungan vitamin A, B dan B kompleksnya yang tinggi. Salah satu kandungan dalam buah pepaya yang berkhasiat untuk memperlancar BAB adalah enzim yang dikenal dengan nama enzim papain. Enzim papain ini dalam lambung berperan penting dalam proses pencernaan protein. Enzim papain diketahui memiliki kemampuan daya cerna protein 35 kali lipat. Protein yang dicerna oleh enzim papain ini umumnya bersifat membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akibat sistem pencernaan yang tidak sempurna. Itulah mengapa jika Anda rutin mengkonsumsi pepaya maka proses BAB akan lancar.
    Karena itu jangan segan untuk mengkonsumsi pepaya matang. Baik dalam bentuk buah segar maupun dalam bentuk olahannya, seperti es buah atau pun jus.




    • Menambah Nafsu Makan Tidak hanya buah, ternyata daun dan bunga jantan tanaman pepaya yang memiliki rasa pahit juga bermanfaat. Salah satu manfaatnya yaitu untuk menambah nafsu makan. Nah, untuk tujuan ini, biasanya daun pepaya dikonsumsi dalam bentuk lalapan segar. Namun untuk hasil yang lebih optimal bisa dicoba dengan membuat ramuan sebagai berikut:
      Ambil beberapa lembar daun pepaya segar, tambahkan sedikit garam dan air panas. Kemudian blender hingga halus, saring dan diminum air hasil saringannya setiap hari secara rutin.
    • Mengobati Jerawat Daun pepaya juga diketahui berkhasiat mengobati jerawat. Caranya yaitu beberapa lembar daun pepaya segar yang sudah agak tua dikeringkan. Bisa dengan cara dijemur, kemudian daun pepaya yang sudah kering ditumbuk hingga halus atau berbentuk ekstrak. Tambahkan ekstrak daun pepaya tadi dengan air secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang berjerawat.
    • Mengobati Kaki Pecah-Pecah Untuk mengobati kaki kering dan pecah-pecah bisa digunakan buah pepaya yang masih muda. Ambil buah pepaya yang masih muda, kemudian potong menjadi dua, maka daging pepaya muda tersebut akan mengeluarkan getahnya. Gosokkan daging pepaya yang bergetah tersebut pada bagian kulit kaki (tumit) yang pecah-pecah. Diamkan hingga kering, kemudian cuci kaki hingga bersih. Ulangi hingga sembuh.
    • Mengobati Nyeri Haid Ternyata daun pepaya juga berkhasiat mengurangi nyeri haid. Bagaimana caranya? Ambil daun pepaya segar beberapa lembar. Tambahkan asam jawa dan garam secukupnya. Kemudian daun pepaya, asam jawa dan garam direbus dengan segelas air hingga mendidih. Dinginkan kemudian ramuan siap diminum.
    Manfaat Pepaya untuk Pengobatan pada Hewan Ternak
    Getah pepaya muda ternyata juga bermanfaat untuk membasmi cacing pada ternak seperti kambing atau domba. Menurut penelitian di Balitnak Bogor, pemberian getah pepaya pada kambing atau domba bermanfaat untuk menekan populasi cacing dalam perut hewan ternak ini.
    Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara membuat ramuan getah pepaya ini? Berikut adalah cara mengambil getah dan cara pemanfaatan getah pepaya untuk membasmi cacing pada ternak:
    Pertama: sadap getah dari buah pepaya muda yang masih menempel di pohonnya. Caranya dengan menggoreskan pisau pada buah pepaya secara membujur sebanyak 1-5 goresan. Tampung getahnya dengan menggunakan wadah, bisa berupa plastik. Tambahkan beberapa tetes larutan natrium bisulfit ke dalam wadah agar getah tidak mengalami oksidasi.
    Setelah getah pepaya terkumpul, keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, haluskan hingga menjadi serbuk, kemudian campur dengan air dengan perbandingan 1-5 hingga membentuk larutan. Larutan getah pepaya tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mulut kambing atau domba.
    Pemberian getah pepaya ini bisa dilakukan setiap tiga kali dalam seminggu



    0 komentar:

    Posting Komentar

    Featured Posts